PediatricsDIC's Blog

What the meaning of Pediatrics????

Posted on: December 20, 2009

PEDIATRI

A. Pengertian Pediatri

Istilah Pediatri mula-mula dikenal berasal dari bahasa yunani yang berasal dari dua kata yaitu, pedos berartikan anak dan latrika berarti pengobatan. Jika dikaji menurut bahasa Indonesia pediatri berarti ilmu pengobatan untuk Anak. WHO atau nama lainnya World Health Organization merubah nama pediatri menjadi child health. Namun ditahun berikutnya, tepatnya tahun 1963 diubah menjadi ilmu kesehatan anak yaitu dikarenakan dalam ruang lingkup pediatri lebih luas cakupan ilmunya dari pada sebelumnya. Dulu ruang lingkup pediatri hanya mengobati anak-anak yang sakit namun sekarang juga mengarah ataupun mencakup hal-hal lain yang lebih luas ruang lingkupnya.

B. Ruang Lingkup Beserta Kaitannya Terhadap Pediatri
Pediatri sosial , pediatri sosial merupakan sebagian dari ilmu kedokteran umum, yang mengamati serta memperhatikan anak-anak yang sehat atau the social called health child ( Menurut De Haas(Leiden)), menurut konsep serta sampai dengan masa dimana anak dikatakan sebagai remaja, serta mengamati beberapa keadaan lainnya diantaranya keadaan sosial-ekonomi dan kesehatan maupun kebersihan dari lingkungan keluarga beserta lingkungan masyarakat.
Pediatri sosial ini meliputi beberapa aspek diantaranya adalah sebagai berikut:
• Usaha pediatri sosial dalam menganjurkan atau mengsosialisasikan dalam setiap keluarga untuk melakukan gerakan nasional keluarga berencana atau yang lebih dikenal dengan singkatan KB
• Penilaian sosial terhadap bagian ilmu kesehatan yang berfokus terutama pada kesehatan anak-anak.
• Keterampilan dan kebijaksanaan menghubungi orangtua atau berkomunikasi (kontak) terhadap para orang tua.
• Etiologi sosial dari penyakit yang diderita si anak itu sendiri.
• Mendapatkan suatu kepercayaan, sikap maupun tindakan pada masyarakat mengenai problema seputar permasalahan anak.

Pediatri Pencegahan, dalam lingkungan pediatri pencegahan hal ini sangatlah terbatas itu dikarenakan, pencegahan yang hanya terbatas (in sensu strection) yang secara internasional telah disetujui ataupun disepakati. Untuk mendapatkan suatu kekebalan terhadap anak ini perlu dilakukan kepada anak dengan langkah disengaja, sehingga anak yang terserang infeksi tidak akan mendapatkan dampak atau pengaruh yang sangat fatal yaitu kematian ataupun menderita kecacatan. Pediatri pencegahan ini juga memilikitujuan khusus yaitu imunitas pada anaksecara individual, namun tujuan yang lebih luasnya adalah eradikasi penyakit dari suatu daerah.

TUMBUH KEMBANG ANAK USIA 0-2 TAHUN

A. Pengertian Tumbuh Kembang Anak usia 0-2 Tahun.
(Menurut, D.B. Jeliffe, 1994:10) Pertumbuhan ini juga bisa dikatakan sebagai bertambahnya atau proses perubahan dari sebelumnya masih seperti biasa menjadi sesuatu yang berkembang, atau juga pertumbuhan ukuran badan atau bagian-bagian yang lainnya yang diikuti dengan bertambahnya keterampilan dan daya kreatifitas anak sebagai hasil dari suatu perkembangan yang semakin lama semakin kompleks bagian-bagian tubuh beserta seluruh fungsinya.

B. Tumbuh Kembang Anak Dari Segi Fisik, Sosial, Bahasa, Motorik, Intelektual Moral, Dan Perkembangan Kepribadian.
Tumbuh Kembang Anak Dari Segi Fisik
• Kenaikan suatu berat badan, pada anak dimasa 3 bulan yang pertama, mengalami kenaikan pada berat badannya yang mencapai seberat 30 gram sehari, namun pada saat si anak mencapai umur kisaran 6 bulan pertama berat badan pada sianak akan kembali meningkat sehingga bertambah menjadi 0,5 kg per setiap bulannya. Pada saat usia si anak mencapai pada bulan yang ke 5 maka berat pada anak akan meningkat seberat 2 kali lipat dari berat anak pada saat lahir. Kemudian akan meningkat 0,35-0,5 kg per bulan sampai pada saat akhir tahun yang pertama. Pada saat menginjak tahun yang ke 2 pertumbuhan berat si anak akan bertambah menjadi 0,25 kg per bulannya.
• Gigi, Pada pertumbuhan gigi ini umumnya diawali dengan pertumbuhan gigi seri tengah yang pertama tumbuh pada usia 16-18 bulan. Kemudian sampai dengan umur yang mencapai 2 tahun,usia bayi biasanya dapat diukur secara kasar.
• Tulang Belulang, Pada mula-mula keadaan tulang belulang bayi belum stabil atau sekuat seperti kita pada saat sekarang ini. Seperti yang kita lihat pada bagian ubun-ubun anak mula-mula memang terbuka atau belum terbentuknya tulang tempurung depan secara sempurna, namun pada saat usia anak sudah mencapai usia 18 bulan barulah keadaan tempurung depan anak akan tertutup dengan baik.
• Ukuran Kepala, Pada saat anak baru terlahir ukuran kepala si anak mencapai, 35 cm, kemudian bertambah menjadi 1-2 cm setiap bulannya lalusampai usia 4 bulan pertama, kemudian bertambah ukurannya menjadi 5 cm pada masa sisi tahun yang pertama.
• Pertumbuhan Otot, Pada anak-anak pertumbuhan otot sangatlah signifikan, oleh karena itu anak membutuhkan protein yang sangat banyak. Pada bayi lingkaran otot lengan atasnya sangatlah besar sekitar 10 cm ketika baru lahir, namun bertambah sehingga menjadi 16 cm pada saat berumur 12 bulan, tetapi hanya akan bertambah ukuran hanya sebesar 1 cm, pada saat 4 tahun yang berikutnya.
• Tinggi Badan, panjang badan pada saat anak baru lahir adalah sekitar 50 cm, namun akan meningkat secara drastis sebesar 50% pada saat akhir tahun pertama sehingga panjangnya menjadi 75 cm pada tahun kedua akan meningkat menjadi dua kali lipat dari panjang badan yang sebelumnya.

Kembang Tumbuh Anak Dari Segi Sosial.
Tumbuh kembangnya anak dari segi sosial dapat dibagi menjadi 2 yaitu sebagai berikut:
• Masa Bayi (sosialisasi elementer), Pada masa ini anak akan mengalaminya dalam waktu kurang lebih sekitar umur 15-18 bulan, perkembangannya tergantung dari evolusi ataupun perubahannya darikemampuan bawaannya. Seperti contoh: perilaku yang tidak baik akan mempengaruhi tingkah laku anak. Memberikan perhatian dalam segala hal apa punakan mempermudah pada alat sensorik maupun motorik emosional dalam bahasauntuk mlakukan perkembangan sosial yang akan lanjut.
• Masa Kanak-Kanak, meniru sutu pekerjaan yang dilakukan orang tunya dapat ia lakukan pada saat si anak men capai usia sekitar 18 bulan pertama, namunhal yang ia kerjakan bersifat menentang atau melawan dari setiap reaksi dengan marah-marah ataupun dengan ribut. Mulainya bersifat dengan tegas dan susah dikendalikan yaitu mulai dirasakan pada saat anak mulai menginjak usia sekitar 2 tahun.

Tumbuh Kembang Anak Dari segi Bahasa.
Pertumbuhan dan perkembangan anak dalam kemampuan berbicara adalah hal yang paling pertama dilakukan oleh sang anak ketika ia masih bayi, pada saat pertama anak (bayi) akan menangis apabila ia akan meminta sesuatu, memanggil ibunya , ataupun pada saat ia sedang buang air besar ataupun hal-hal yang lainnya.
Kemampuan anak dalam berbicara mengalami perubahan atau melewati fase-fase diantaranya:
• 1 bulan, bayi akan menangis dengan kencangnya jika ingin meminta sesuatu, apakah ia lapar, haus atau ingin buang air oleh karena itu si Ibu harus bisa mengetahui apakah arti dari tangisan anak tersebut.
• 3-6 bulan, bayi sudah dapat mengumpulkan kata-katanya didalam hati, dalam tipe vokal seperti bentuk kicauan burung.
• 6-8 bulan, anak akan memadukan beberapa unsur bunyi-bunyian yang ia dengar dan akan ia adopsi menjadi sebuah maksud yang akan terselubung memiliki arti tersendiri, namun akan mempunyai maksud yang tertentu. Tetapi si anak belum mampu untuk berbicara.
• 10-12 bulan, sudah dapat berbicara, namun hanya bisa menggunakan kata kata yang sering ia dengar dan dapat ia katakan dengan tidak lancar yaitu kata mama, papa.
• 18 bulan, bahasa bayi dapat mencakup kosakata sekitar 300 kata hal ini membuktikan bahwa kemampuan anak dalam mengingat dan mengaplikasikannya sangatlah baik.
• 2 tahun, pada saat umur anak 2 tahun ini anak akan mampu menyambung sekitar 2 atau 3 kata, yang akan ia kombinasikan antara kata sifat dengan kata keterangan.

Tumbuh kembang anak dari segi Motorik
Contoh, yang paling nyata dari tumbuh kembang anak dari segi motoriknya adalah bergerak, dalam aktifitas sehari-hari anak akan melakukan gerakan yang akan memanfaatkan semua anggota badannya, hal ini akan menunjukkan suatu bentuk kemajuan motorikkasar pada si anak, beserta gerak motorik halus. Gerakan gerakan ini menyebabkan anak pada saat usia seperti ini sangat banyak melakukan aktifitas untuk bermain oleh sebab itu dikatakan juga masa pra sekolah atau disebut masa bermain.
• Gerakan Mata, pada saat dimasa anak berusia 2 bulan ia akan mampu menoleh untuk melihat benda-benda yang ada disekitarnya dengan menoleh kekiri atau kekanan. Kemudian di usia 4 bulan akan mampumengontrol gerakan mata dengan lebih baik.
• Mengangkat kepala, pada usia anak ketika mencapai usia 6 bulan anak akan mencoba mengangkat bagian tubuhnya yaitu pada bagian kepala.
• Gerakan Tangan Dan Lengan, masa menjangkau benda sudah dapat dilakukan anak pada saat usia 4 bulan, usia 6 bulan anak akan mampumenggapai serta mengambil benda-benda, dan mampu memukul-mukul sesuatu bahkan melemparkan sesuatu kepada orang lain, di masanya yang ke 9 bulan bayi akan mampu untuk menjemput ataupun ia akan mampu memetik.
• Duduk, ini akan terjadi pada saat usia 6-7 bulan
• Merangkak, 6-8 bulan anak akan belajar merangkak , sekitar usia 9-11 bulan akan bisa melakukannya dengan sangat baik.
• Berdiri, usia 10 bulan anak akan mampu berdiri dengan bertumpu pada benda-benda tertentu. Barulah mampu berdiri tanpa bantuan apa pun.
• Berjalan, 15-18 bulan anak akan mampu berjalan dengan baik diawali dengan merangkak kemudian berdiri dan berjalan dengan bertumpu pada tembok baru kemudian mampu berjalan dengan sempurna.
Tumbuh Kembang Dari Segi Intelektual
Hal ini akan berpengaruh besar dari lingkungannya, tetapi juga dipengaruhi dari kemampuannya yang sudah ada pada anak tersebut sejak lahir, yang kemudian akan diasah dan akan menjadi baik intelektualnya.

Tumbuh Kembang anak Dari Segi Moral
Yang mempengaruhi adalah keluarga. Hal ini bisa terwulud apabila:
• Anak mampu berfikir tentang aturan menyangkut etika.
• Prilaku anak sesua lingkungan moral.
• Anak akan berdosa apabila melakukan sesuatu yang ia langgar.

Tumbuh kembang anak dari kepribadian
Dapat dikembangkan dari sikap atau didikan yang diperoleh anak dari lingkungan keluarga, masyarakat sekitarnya.

TUMBUH KEMBANG ANAK USIA 2-5 TAHUN

A. Pengertian Anak Usia 2-5 Tahun
Masa kanak kanak akan dicapai ketika si anak melewati masa bayi yaitu sekitar usia 2-5 tahun.
Masa Kanak-Kanak ini akan dibagi menjadi 2 bentuk periode diantaranya adalah sebagai berikut:
• Periode awal yaitu berumur 2-6 tahun
• Periode akhir, pada masa periode ini lah anak akan mengalami perubahan mulai dari anak berumur 6 tahun hingga anak mengalami pematangan seksual.

B. Perkembangan Fisik Masa Kanak-Kanak
• Berat Badan anak, berat badan anak rata-rata setiap tahunnya bertambah 3-5 pon. Pada saat usia 6 tahun berat badan anak harus kurang 7 kali berat badan ketika anak baru lahir.
• Tinggi Badan, Pertambahan tinggi badan yang dialami anak kira-kira 3 inci pada setiap tahunnya. Jadi ketika anak usia 6 tahun anak kira-kira mempunyai tinggi badan sekitar 46,6 inci.
• Postur Tubuh, Postur tubuh anak akan mengalami perubahan ketika masa kanak-kanak ini akan tampak perbedaannya, seperti akan terlihat anak yang bertubuh gemuk, kurus.
• Perbandingan Tubuh, Bentuk atau perbandingan akan nampak begitu berbeda pada anak. Karena akan terlihat dengan jelas tubuh anak ketika usia bayi dengan usia kanak-kanak.
• Tulang Serta Otot, Tumbuh perkembangan tulang dan otot ini tergantung kalsium atau makanan yang diserap oleh si anak.
• Gigi, Selama 4-6 bulan anak akan mengalami perkembangan yaitu dengan adanya pertumbuhan gigi.

C. Tumbuh Kembang Anak Dari Segi Bahasa
Pada masa anak-anak ini akan sangat berbeda dengan masa bayi karena anak akan mampu dengan cepat menghafal atau mengucapkan banyak bentuk kosakata, bahkan ia mampu menggunakan 3 ataupun 4 kata untuk kalimat yang akan ia ucapkan.

D. Tumbuh Kembang Anak Dari Segi Sosial
Pada masa ini anak akan melakukan hubungan atau kontak dengan orang yang ada disekitar atau lebih karena masa ini adalah masa dimana anaki akan melakukan hubungan intelektual yang sangat baik dimulai.

E. Tumbuh Kembang Anak Dari Segi kepribadian
Dalam kepribadian yang akan dilakukan ataupun didapat oleh anak akan sangat banyak dipengaruhi prilaku dari orang tua ataupun dari faktor lingkungan anak itu bersosialisasi dengan masyarakat seperti di sekolahan.

F. Tumbuh Kembang Dari Segi Emosional.
Pada masa ini emosional anak akan tidak stabil karena anak akan begitu cepat emosi dikarenakan sifat ego yang tinggi atau tidak mau mengalah apa yang ada didalam hatinya akan ia luapkan beserta emosinya tersebut.

G. Tumbuh Kembang Anak Dari Segi Moral
Tumbuh Kembang Moral pada saat anak sekarang akan cukup rendah karena pertumbuhan tingkat intelektual anak belum mencapai dimana anak akan dapat memahami dengan baik. Hal ini disebabkan karena anak masih didalam masa pembelajaran.

TUMBUH KEMBANG ANAK USIA 6 – 12 TAHUN

A. Pengertian Tumbuh Kembang Anak Usia 6-12 Tahun
Bertambah besarnya anak atau perubahan secara nyata yang terjadi pada diri anak karena mengalami perubahan yang sangat drastis ataupu cepat dalam aspek fisis akibat multifikasi sel dan bertambahnya zat interseluler, pertumbuhan tinggi anak dapat dihitung dalam satuan cm ataupun inci, sedangkan berat anak akan dapat dihitung dalam bentuk kilogram atau pound., Perkembangan yang terjadi pada anak akan mulai nampak secaranyata karena pada masa ini anak akan sangat banyak bergaul dengan teman-temannya, dan dari sinilah anak akan mulai membedakan apakah ini baik atau buruk, disinilah pola kepribadian anak akan terbentuk dengan baik.

B. Tumbuh kembang Anak Dari Segi Fisik, Bahasa, Sosial, Motorik, Intelektual, Moral, Serta Kepribadian
 Segi fisik
• Tinggi Badan, kenaikan tinggi badan anak akan mengalami peningkatan 2-3 inci yang rata-rata pertumbuhan tinggi anak perempuan pada saat umur seperti ini mencapai 58 inci serta anak laki-laki mencapai 57,5 inci lebih rendah daripada anak laki-laki.
• Perbandingan Tubuh, Pada masa saat ini anak akan mengalami perubahan perbandingan namun ukuran kepala akan tetap, sedangkan ukuran leher lebih panjang, tungkai kaki lebih panjang, dahi yang akan melebar, badan akan memanjang serta akan membesar.
• Berat Badan, Berat badan ketika anak berumur seperti ini akan bertambah seberat 3-5 pon per tahunnya. Biasanya anak laki-laki me,iliki berat badan seberat 85,5 pon sedangkan anak perempuan memiliki berat 88,5 pon.
• Gigi, Anak akan memiliki 22 gigi tetap, keempat gigi yang terakhir itu akan tumbuh seiring usia anak dalam tahap masa remaja.

 Segi Bahasa
• Perbendaharaan Kata, merupakan modal dasar dalam menggali atau mpun mempotensikan kemampuan dalam berkata-kata yang akan ia peroleh dilingkungan yang ada disekitarnya, karena anak akan mampu mengadopsi apakah kata- kata yang ia pergunakan itu baik ataupun tidak.
• Kosa kata Bilangan, Dari pelajaran yang akan anak itu dapat bdari sekolah dan dibantu dari keluarga anak akan mampu mengetahui bilangan.
• Kosa Kata Waktu, Dalam Berhubungan Dengan orang lain anak akan menggunakan kata-kata yang tepat dalam mengatakan hal yang akan berhub dengan waktu.
• Kosa kata populer atau kata-kata makian, anak akan mempelajari kosa kata populer ini atau makian yang akan ia dapatkan dari orang yang lebih dewasa atau belajar dari apa yang ia lihat dari kehidupan atau dari televisi.
• Kosa kata Rahasia, Anak akan mempergunakan kosakata yang kita akan dengar aneh. Itulah kosa kata rahasia yang akan digunakan anak padasaat ia berkomunikasi dengan teman sebayanya atau teman akrapnya baik tulisan ataupun secara lisan.
• Kosa kata baik dalam cara ia berbicara, cara anak dalam berbicara saat ini sudahlah baik karena anak sudah mulai mencapai usia yang mulai beranjak kemasa remaja.

 Segi sosial
Akhir dari mas kanak-kanak adalah masa dimana anak akan melakukan masa sosialisasi dengan teman-temannya, dengan meniru ataupun mengikuti segala aktifitas ataupun kegiatan yang dilakukan oleh teman-temannya, serta anak akan banyak melakukan kegiatan secara kelompok bahkan anak akan banyak menghabiskan waktunya bersama kelompoknya tersebut.

 Segi Motorik
Segi motorik anak akan lebih baik dari masa-masa sebelumnya karena anak sekarang mulai banyak melakukan gerakan gerakan seluruh badan untuk menunjang aktifitas sehari-harinya. Ini dipengaruhi oleh gizi dari makanan yang ia dapat serta ia peroleh. Serta imunisasi yang ia dapat kan pada masa balita juga sangat mempengaruhinya.

 Segi Intelektual
Segi ini akan sangat nampak pada saat anak diusia ini karena akan terlihat dimana anak yang memiliki kecerdasan yang baik maupun diatas rata-rata atau hal yang sebaliknya dibawah rata-rata ataupun bodoh.

 Segi Moral
Pada usia 5-12 tahun kondisi moral anak akan mengalami perubahan karena, mula-mula anak akan berkata jujur apabila ia bersalah. Namun diusia ini anak mengalami perubahan moral dimana ketika ia berbuat salah atau buruk lainnya ia akan berbohong guna untuk menutupi setiap kesalahan yang ia perbuat.

 Segi Pengembangan Kepribadian
Perkembangan pribadi anak akan mulai mempengaruhi kepribadiannya, akibat itu anak harus memperbaiki konsepdirinya karena sampai kini anak memandang dirinya dari konsep orang tua serta guru, ia akan merubah konsep tersebut sesuai keinginan yang anak itu lakukan terima, serta dapatkan dalam pergaulan.

TUMBUH KEMBANG ANAK USIA 13-22 TAHUN

A. Pengertian Tumbuh Kembang Anak Usia 13-22 Tahun
Pertumbuhan merupakan suatu proses dimana anak akan melakukan perubahan yang irreversible, karena adanya tambahan substansi pada tubuh. Pertumbuhan, merupakan proses dimana ketercapainya suatu kedewasaan. Jadi tumbuh kembang memiliki arti yaitu, perubahan menuju tercapainya suatu kedewasaan. Anak yang berumur 13-22 tahun ini disebut dengan masa remaja, dalam masa ini akan terjadi perubahan yang sangat jelas dalam bentuk fisik kematangan seksual bentuk suara dan dalam bersosialisasi dengan lawan jenisnya.

B. Tumbuh kembang Anak dari segi Fisik, Sosial, Bahasa, Motorik, Intelektual, dan Perkembangan Kepribadian
 Segi Fisik
Periode ini akan mengalami kematangan dalam segi fisiknya, Jasmani maupun dari segi rohaninya karena telah mengalami kematangan pada sel kelenjar kelaminnya (biologis), Pada laki-laki adalah testis sedangkan pada wanita adalah ovarium, indung telur pada wanita keduanya adalah tanda kelamin primer. Sebelumnya didahului tanda kelamin sekunder. Tanda kelamin sekunder tersebuat antara lain adalah sebagai berikut:
• Gangguan pada peredaran darah
• Sering merasa berdebar-debar
• Tubuh sering merasa menggigil
• Pertumbuhan bulu atau rambut pada sekitar alat kelamin, ketiak, kumis jambang
• Bagi para wanita akan mengalami perubahan pada bagian dada karena akan mengalami pelebaran dari ukuran semula menjadi meluas, Meluasnya bagian lemak disekitar pinggul, paha, serta perut.
Masa pertumbuhan ini dinilai oleh mereka yang ahli sebagai sedikit melemahnya fungsi rohani peristiwa ini disebut asthenia Fungtional.

 Segi bahasa
Masa ini anak akan menggunakan bahasa dengan benar meskipun mereka menggunakan istilah-istilah mereka tersendiri baik itu resmi, tidak resmi, bahasa nasional atau daerah.

 Segi sosial
Masa ini mereka lebih menjunjung kata-kata persahabatan sejati namun mereka banyak menyimpan rahasinya sendiri, namun aktifitas mereka terlihat ofensif tetapi terkadang saling membantu atau mengganggu. Mereka lebih banyak mempertahankan pendapat serta ego masing-masing.

 Segi Motorik
Masa ini remaja lebih banyak melakukan gerakan yang dapat membuat tubuh mereka ideal bahkan membuatnya menjadi menarik. Hal itu mereka lakukan dengan berbagai cara seperti olahraga serta berias diri.

 Segi Intelektual
Intelektualnya sangat intensif sehingga kemauannya pada dunia luar sangatlah besar, sifat ini menimbulkan fungsi psikis serta rasa ingintahu, sehingga muncul dorongan untuk mencari ilmu pengetahuan.

 Segi Moral
Moral remaja ini sangatlah rentan ia bisa meniru apa yang ia tangkap dan apa yang ia lihat sehingga butuh perhatian dari mereka yang ada disekitarnya baik keluarga dan teman-temannya.

 Segi Kepribadiannya
Kepribadian harus dapat ia latih melalui dirinya sendiri, keluarga, maupun dari lingkungan masyarakat, jika hal itu tidak ia lakukan maka sifatnya tidak akan terkontrol, jika sifat itu terkontrol maka kepribadian pada si anak akan mampu terpupuk dengan baik

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Cha Profile

Dara ayu kelahiran Cilacap, 31 Maret 1988 ini diberi nama Putri Ariesa Azmi. Saat ini sedang menjalani study S1 di Universitas Islam Indonesia jurusan Farmasi.

My Calendar

December 2009
M T W T F S S
    Jan »
 123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
28293031  
%d bloggers like this: