PediatricsDIC's Blog

Sembelit Pada Anak?? Bagaimana cara pengatasannya yahhh???

Posted on: January 20, 2010

Pagi hari ini tidak seperti biasanya, anak tetangga sebelah rumahku terus-terusan menangis karena kesulitan buang air besar. Arya si anak lelaki berumur 2 tahun itu sedang menangis karena berjuang untuk mengejan di atas toilet kamar mandinya. Mukanya merah dan berlinang air mata karena ada ketakutan akan rasa sakit karena susahnya mengeluarkan. Berbagai cara dicoba oleh orang tua Arya, tetapi ternyata faktor psikologis atau ketakutan akan rasa sakit akibat mengejan itu masih ada di diri Arya.

Untuk lebih jelasnya maka akan dibahas pada tulisan berikut ini.

Sembelit Pada Anak
DEFINISI
Sembelit mengacu pada tertundanya atau kesulitan dalam membuang kotoran atau peningkatan dalam ukuran dan kerasnya kotoran.

  • Sembelit merupakan hasil dari kebiasaan makan makanan yang tidak mengandung cairan dan serat.
  • Kotoran yang padat atau besar dapat menyebabkan rasa tidak nyaman pada perut dan dapat merobek anus.
  • Menambahkan serat dan cairan pada makanan, merubah kebiasaan, obat pencuci perut dan suntikan urus-urus bisa membuat nyaman.

Orangtua seringkali mengkhawatirkan buang air besar anaknya. Meskipun begitu, kebanyakan sembelit tidak berakibat serius dan harus diperhatikan hanya ketika mengeluarkan kotoran terasa sakit sekali dan menyebabkan tertahannya kotoran atau ketika sembelit menyebabkan gejala-gejala lainnya.

Banyak dan kentalnya kotoran yang berubah-ubah pada masa kanak-kanak, dan tidak adanya frekwensi dan jenis kotoran yang tetap adalah ‘normal’. Bayi yang baru lahir biasanya buang air besar empat kali sehari atau lebih lembek, kuning, dan kotoran berbiji setiap harinya. Bayi yang menyusu biasanya buang air besar lebih sering disbanding bayi yang minum susu formula dan buang air besar tiap kali setelah menyusu. Setelah satu atau dua bulan, beberapa bayi dengan ASI buang air besar lebih jarang, tetapi tinja tetap lembek atau seperti bubur. Setelah 1 tahun, kebanyakan anak-anak buang air besar satu hingga dua kali sehari yang lunak dan berbentuk.

Pada anak yang lebih besar, sembelit didefinisikan sebagai mengeluarkan kotoran yang keras yang menyebabkan rasa tidak nyaman. Hal ini lebih sering disebabkan kekurangan jumlah serat pada makanan.

Sembelit sangat umum diantara anak-anak. Meskipun sembelit jarang menyebabkan masalah serius yang parah, anak yang buang air besar lebih sedikit dibandingkan hari-hari lainnya, yang kotorannya keras dan banyak, atau yang kelihatan tidak nyaman ketika membuang air besar harus dievaluasi oleh seorang dokter. Sembelit kronis bisa menimbulkan masalah air kencing seperti infeksi saluran kencing dan mengompol (enuresis).

PENYEBAB
Penyebab paling umum pada sembelit adalah masalah makanan dan pola makan. Seringkali, makanan anak mengandung jumlah cairan dan serat yang tidak cukup (seperti dari buah-buahan, sayur-mayur, dan padi-padian). Kekurangan pada cairan dan serat menyebabkan kotoran menjadi keras dan sulit unruk dikeluarkan.

Banyaknya kotoran bisa menyebabkan ketidaknyamanan pada perut, rasa sakit pada dubur waktu buang air besar, atau keduanya. Juga, saluran pada kotoran keras dan banyak bisa merobek anus (anal fissure), yang terasa sakit sekali dan bisa menghasilkan lapisan berdarah merah terang pada bagian luar kotoran atau pada kertas toilet. Karena gejala-gejala ini, atau karena si anak tidak ingin ambil waktu untuk buang air besar, beberapa anak menolak buang air besar (pola menahan kotoran). Dengan pola menahan kotoran berlanjut, sembelit bertambah parah, kadangkala menjadi lingkaran ganas.

Kotoran keras (fecal impaction)dalam jumlah besar mengisi dubur, bisa meluas, yang bisa mengurangi sensasi keinginan buang air besar. Keluarnya kotoran dari atas kotoran yang keras kemudian bisa membasahi sekitar massa kotoran ke celana dalam si anak, yang bisa menyebabkan orangtua berpikir anak tersebut diare ketika masalah aktual adalah sembelit.

Sembelit yang sudah ada sejak lahir dan sembelit yang tidak hilang setelah pengobatan menimbulkan kerusakan fisik, seperti penyakit hirschsprung.

PENGOBATAN
Sembelit ringan bisa diobati dengan menambah jumlah serat pada makanan anak dan memastikan hidrasi baik. Jika si anak tidak menkonsumsi makanan berserat tinggi, suplemen serta (psyllium) dapat diberikan.

Merubah perilaku makan juga hal yang penting. Setelah makan makanan, tubuh bereaksi untuk mengeluarkan tinja. Disebut gerak refleks gastro-colic. Seringkali, seorang anak mengabaikan tanda-tanda dari refleks dan menunda buang air besar. Menunda buang air besar menyebabkan kerasnya kotoran dan menyebabkan sembelit. Merubah teknik kebiasaan menguntungkan refleks ini. Dudukan anak pada toilet untuk 5 sampai 10 menit setelah makan membantu melatih saluran pencernaan, membentuk kebiasaan bertoilet, dan mendorong lebih membiasakan buang air besar.

Jika sembelit tidak bereaksi kepada makanan dan perubahan tingkah laku, dokter bisa menganjurkan obat-obatan tertentu yang dapat membantu melunakkan kotoran dan meningkatkan gerakan spontan pada alat pencernaan. obat-obatan yang termasuk senna, magnesium hidroksida, dan polyethylene glycol.

Enema pellunak tinja adalah sebuah pilihan untuk anak yang memiliki feses keras. Meskipun begitu, mereka harus digunakan hanya kadangkala dan di bawah petunjuk dokter.

Nah ini ada salah satu contoh obat yang dapat diberikan pada anak untuk mengatasi sembelit. Biasanya mama saya memberikan obat ini apabila adek saya yang berumur 3 tahun kesusahan untuk buang air besar.

KOMPOSISI

Setiap tube Microlax (5 ml) mengandung :

1. Natrium Lauril Sulfoasetat 0,045 g
2. PEG 400 0,625 g
3. Sorbitol 4,465 g
4. Natrium Sitrat 0,450 g
5. Asam Sorbat 0,005 g
Air murni sampai dengan 6,250 g.

CARA KERJA

Microlax memiliki 3 cara kerja sekaligus yaitu :

1. Na lauril sulfoasetat à menurunkan tegangan permukaan feses sehingga feses mudah terbasahi
2. Sorbitol, Na Sitrat à menyerap air ke dalam usus besar / rektum untuk melunakkan feses yang keras
3. PEG 400 à melumasi rektum sehingga feses mudah dikeluarkan

Dari 3 mekanisme kerja tersebut Microlax akan mempermudah buang air besar

INDIKASI / KEGUNAAN

Microlax membantu mengatasi masalah susah buang air besar atau konstipasi yang dialami oleh anak, dewasa, ibu hamil dan lansia. Microlax diindikasikan untuk susah buang air besar karena berbagai macam sebab misalnya enteroparesis (penyakit usus yang tidak diketahui sebabnya), lemahnya otot perut, factor makanan, kurang bergerak, dan lain-lain.

ATURAN PAKAI

Untuk anak usia diatas 3 tahun dan dewasa diberikan 1 tube. Untuk anak usia 1-3 tahun cukup diberikan ½ tube.

PERINGATAN & PERHATIAN

1. Pencahar hanya digunakan bila benar-benar diperlukan, hanya untuk penggunaan jangka pendek
2. Jangan digunakan pada penderita wasir akut & orang yang mengalami peradangan pada usus besar

EFEK SAMPING

Microlax aman untuk digunakan, belum pernah ada laporan adanya efek samping. Penggunaan berlebihan dapat menyebabkan diare dan kekurangan cairan.

KONTRAINDIKASI

Kontraindikasi Microlax adalah pada penderita wasir yang akut dan pada penderita yang mengalami perdarahan karena radang usus besar.

KEUNGGULAN MICROLAX

1. Microlax® bekerja CEPAT mengatasi sembelit (kurang dari 15 menit masalah Buang Air Besar dapat teratasi)
2. Microlax® AMAN karena bekerja lokal & tidak diserap oleh tubuh sehingga dapat digunakan oleh anak-anak, dewasa,
ibu hamil & orang lanjut usia.
3. Microlax® TIDAK MENYEBABKAN PERUT MELILIT, karena Microlax® bekerja pada feses dan bukan pada usus besar.
4. Microlax® NYAMAN & MUDAH digunakan, karena aplikatornya elastis dan lembut.
5. Microlax® tidak menyebabkan GANGGUAN PENYERAPAN NUTRISI.
6. Microlax® TIDAK MENYEBABKAN KETERGANTUNGAN

Produk yang ada di pasaran saat ini (Kompetitor) :

1. Dapat menyebabkan ketergantungan & perut melilit karena bekerja merangsang kontraksi usus besar.
2. Kerjanya lama, perlu waktu 6-8 jam (tablet/suspensi) dan 30-120 menit (suppositoria).
3. Dapat menyebabkan gangguan penyerapan nutrisi.

SEDIAAN & KEMASAN

Gel / cairan jernih agak kental 5 ml dikemas dalam tube

HARGA

Harga Jual Apotek berkisar antara Rp. 15.800,- sampai Rp. 17.875,-

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Cha Profile

Dara ayu kelahiran Cilacap, 31 Maret 1988 ini diberi nama Putri Ariesa Azmi. Saat ini sedang menjalani study S1 di Universitas Islam Indonesia jurusan Farmasi.

My Calendar

January 2010
M T W T F S S
« Dec    
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
25262728293031
Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: